Senin, 07 Juni 2010

5 TRIK MENGETAHUI KESEHATAN VAGINA

Banyak wanita kurang memprioritaskan perawatan vagina. Padahal hal ini sangat penting karena vagina merupakan organ yang merupakan liang/saluran terjadinya senggama/persetubuhan dengan pria. Dimana kenikmatan seksual diperoleh baik pria maupun wanita akibat aktivitas keluar masuknya penis di dalam vagina. Aktivitas meraih kenikmatan seksual ini akan terganggu manakala adanya gangguan pada organ intim wanita ini.
Maka tulisan ini ingin memaparkan langkah awal untuk mengetahui kesehatan vagina Anda.

1. Perhatikan cairan vagina Anda.
Bagi Anda yang telah mengalami menstruasi, vagina Anda sehat bila cairan vagina Anda cair, bening, dan tidak berbau. Namun bisa ada infeksi bila cairan vagina Anda pekat, berwarna kuning/hijau, dan beraroma tidak sedap.

2. Lakukan pemeriksaan rutin.
Rabalah vagina Anda. Segera periksakan diri ke dokter ahlinya bila ada benjolan di dalam bagian-bagian tertentu vagina Anda. Gunakan kaca dan lihat vagina Anda secara cermat. Vagina akan menjadi berwarna makin gelap seiring bertambahnya usia/kenaikan berat badan.

3. Perhatikan cara Anda membersihkan vagina Anda
Membersihkan vagina yang benar adalah dari arah vagina menuju anus dan tidak mengulang dari belakang ke depan. Demikian juga cuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah menyentuh vagina Anda. Gunakan kain yang benar-benar bersih untuk mengeringkan vagina Anda 1 kali saja dan kain bekas membersihkan vagina jangan digunakan ulang untuk membersihkan vagina. Semua itu agar vagina jangan terinfeksi bakteri atau jamur.

4. Lakukan seks yang bijaksana
Lakukan seks dengan pasangan hidup Anda yang benar-benar Anda tahu bahwa dia tidak sedang mengidap penyakit seksual yang dapat menular pada Anda. Maka perlu pemeriksaan kepada ahlinya.

5. Berobat ke dokter
Bila mengalami kelainan pada organ seksual Anda, lebih bijaksana agar Anda tidak melakukan pengobatan sendiri karena mungkin efek yang kurang baik akan Anda peroleh. Lebih baik kalau Anda menyerahkan pengobatan kepada dokter.

Tidak ada komentar: