Minggu, 06 Juni 2010

GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENGAJARAN (GBPP) DAN SATUAN ACARA PENGAJARAN (SAP)

TUJUAN INSTRUKSIONAL
Peserta pelatihan diharapkan dapat:
•menyusun SILABUS (GBPP)
•menyusun SAP
SILABUS ATAU
GARIS BESAR PROGRAM PENGAJARAN
(GBPP)
Pengertian
Rumusan tujuan dan pokok-pokok isi mata kuliah
Manfaat
Memberikan petunjuk secara keseluruhan mengenai tujuan dan ruang lingkup materi yang harus diajarkan
SILABUS
Mata Kuliah :
Kode/Bobot :
Deskripsi Singkat :
Standard Kompetensi :

6
5
4
3
2
1
Estimasi Waktu
Sumber Kepustakaan
Sub
Pokok Bahasan
Pokok Bahasan
Kompetensi Dasar & Indikator
No.


•pernyataan yang mengandung keseluruhan isi mata kuliah

•merupakan rangkuman dari pokok bahasan dan sub pokok bahasan dalam mata kuliah

Deskripsi Singkat Mata Kuliah
Contoh Deskripsi Singkat

•Mata kuliah Pajak Pertambahan Nilai (PPN) akan membahas tentang cara-cara penghitungan PPN yang terhutang, peranan penerimaan PPN dalam APBN, dasar hukumnya, subjek dan objek pajak serta pengecualian dan peraturan-peraturan khusus yang mengaturnya
POKOK BAHASAN
•Mencerminkan isi/materi mata kuliah yang konsisten dengan setiap KOmpetensi Dasar (KD)
•Pokok Bahasan merupakan objek dari 1 (satu)KD
•Pokok Bahasan merupakan objek dari beberapa KD

Contoh :
TIK : Mahasiswa mampu menilai aspek produksi perusahaan
A
V
O
Jadi Pokok Bahasan untuk KD tersebut adalah:
”Aspek Produksi Perusahaan”
POKOK BAHASAN
Contoh :
Kompetensi Dasar
•Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian sistem produksi

•Mahasiswa mampu menjelaskan komponen-komponen sistem produksi

Jadi Pokok Bahasan untuk KD tersebut adalah:
”Sistem Produksi”
POKOK BAHASAN
Contoh
Kompetensi Dasar: Mahasiswa mampu menjelaskan macam-macam input
Indikator(lebih spesifik/sempit dibandingkan dengan KD)
•Mahasiswa mampu menjelaskan metode sebagai input
•Mahasiswa mampu menjelaskan informasi sebagai input
•Mahasiswa mampu menjelaskan modal sebagai input
•Mahasiswa mampu menjelaskan mesin sebagai input

Jadi Pokok Bahasan untuk KD tersebut adalah:
”Macam-macam Input”
Contoh :
Pokok Bahasan : Subjek Pajak
Sub
P. Bahasan
q Pengusaha Kena Pajak
q Bukan Pengusaha Kena Pajak

Sub Pokok Bahasan
Sub judul/sub topik yang mencerminkan rincian
materi pelajaran, yang konsisten dengan pokok bahasan
Pokok Bahasan : Macam–macam Input


Sub P. Bahasan :
> Metode sebagai input
> Informasi sebagai input
> Modal sebagai input
> Mesin sebagai input
Perkiraan waktu dalam satuan menit yang diperlukan pengajar untuk mengajarkan materi pelajaran untuk setiap sub pokok bahasan
ESTIMASI WAKTU
Meliputi : Nama pengarang, tahun, judul buku, kota, penerbit, halaman
Contoh :
Bates, A.W. (1995). Technology, Open Learning, and Distance Education. New York: Routledge. PP. 11-17
SUMBER KEPUSTAKAAN
Buku atau sumber materi yang digunakan dalam Setiap pokok bahasan atau sub pokok bahasan
Teknik Penulisan


SATUAN ACARA PENGAJARAN
(SAP)
Pengertian
Rencana kegiatan pembelajaran yang digunakan untuk setiap pertemuan
Manfaat
•Memberikan petunjuk secara rinci pertemuan demi pertemuan mengenai tujuan, ruang lingkup materi yang harus diajarkan, kegiatan belajar mengajar, media dan evaluasi yang harus digunakan
Contoh Formulir
Satuan Acara Pengajaran (SAP)
Mata Kuliah :
Kode Mata Kuliah :
SKS :
Waktu Pertemuan : jam/menit
Pertemuan ke :
•Tujuan
1. Kompetensi Dasar :
2. Indikator :
•Pokok Bahasan :
C. Sub Pokok Bahasan:
•Kegiatan Belajar Mengajar

Penutup
Penyajian
Pendahuluan
•Media dan Alat Pengajaran
Kegiatan Mahasiswa
Kegiatan Pengajar
Tahap
E. Evaluasi :
D. Referensi :
Tahap Pendahuluan
•Tahap persiapan atau tahap awal sebelum memasuki penyajian materi yang akan diajarkan
oPenjelasan Deskripsi singkat materi
oManfaat dan Relevansi materi
oStandard Kompetensi dan Komp. Dasar

•Waktu : 5% dari waktu kegiatan belajar mengajar yang digunakan
Tahap Penyajian
•Proses belajar mengajar yang utama dalam suatu pengajaran

•Mencakup :
oUraian (Explanation) : verbal & non verbal
oContoh (Example) & Non Contoh (Non Example)
oLatihan (Exercise)

•Waktu : 80 – 90% dari waktu kegiatan belajar mengajar yang digunakan Tahap Penutup
•Tahap akhir dari suatu kegiatan belajar mengajar

•Mencakup :
oPelaksanaan tes hasil belajar : Lisan / Tulisan
oUmpan balik
oTindak lanjut

•Waktu : 10 – 15 % dari waktu kegiatan belajar mengajar yang digunakan
•Media dan Alat Pengajaran
•Media :
Alat yang digunakan untuk menyalurkan isi pelajaran yang dapat dilihat, dibaca, atau didengar oleh mahasiswa.
•Alat Pengajaran : Benda yang digunakan dalam pengajaran, sehingga memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar.
EVALUASI
•Alat ukur yang digunakan untuk mengukur hasil belajar mahasiswa dan cara untuk melaksanakan pengukuran tersebut.
•Bentuk :
Essay, objektif, performance test
•Cara pelaksanaan :
Lisan, Tulisan
REFERENSI
Buku atau bahan yang dijadikan acuan dalam menyajikan materi
Rangkuman

Tidak ada komentar: