Selasa, 08 Juni 2010

URAIAN TUGAS DI BANGSAL KEPERAWATAN

Struktur Organisasi Ruangan Perawatan
Job Assignment Tenaga di Unit Perawatan
- Koord. Keperawatan/ Ka UPP
- Kepala Ruangan/ Wakil
- Pengamat
- Inventaris
- PP/ PA
- Administrasi / Billing
- Cleaning Service

URAIAN TUGAS

KA UPP (KEPALA UNIT PELAKSANAN KEPERAWATAN)
• Mengkoordinir pelayanan keperawatan di satu instalasi
• Menyusun usulan perencanaan kebutuhan tenaga, alat/ fasilitas, pemeliharaan gedung, diklat dan pembinaan sdm di inst.nya
• Mengidentifikasi level kompetensi tenaga
• Menghitung rasio kategori tenaga
• Memimpin rapat ka ruangan dan staf
• Mempertahankan standar etika dan penerapan komunikasi Bertanggung jawab pada semua enerapan kebijakan RS dan bidang keperawatan: infection control, kinerja staf, penerapan metode penugasan, jamkesmas, dll
• Menyusun laporan instalasi
• Memonitor penggunaan semua sumber sehingga dilaksanakan secara efisien
• Mempertahankan pengetahuan dan inovasi yang up to date dan menginformasikan staf
• Berpartisipasi dalam kepanitiaan di RS
• Memastikan semua fasilitas berfungsi baik
• Memecahkan konflik di instalasi
• Memastikan kebersihan ruangan dan kamar mandi di instalasinya
• Mengevaluasi buku pribadi staf setiap tahun

KEPALA RUANGAN
• Mengelola yan dan asuhan kep bangsal/ ruangan sehari-hari
• Mengelola administrasi keperawatan
• Menyusun usulan perencanaan kebutuhan tenaga, alat/ fasilitas, pemeliharaan gedung, diklat dan pembinaan sdm di ruangan
• Memfasilitasi pengidentifikasian kesempatan untuk maju
• Memastikan lengkapnya pendokumentasian
• Mempertahankan standar etika pada praktek klinik
• Mempertahankan pengetahuan dan inovasi yang up to date
• Bertanggung jawab pada staf untuk mentaati kebijakan RS dan bid Keperawatan: inos, k3, jamkesmas, metode penugasan
• Mengisi buku pribadi setiap staf
• Memastikan semua peralatan dan gedung berfungsi baik
• Menghilangkan kecemasan dan kemarahan dari pasien, pengunjung dan staf
• Memecahkan konflik di tempat kerja
• Memimpin rapat ruangan
• Membuat laporan bulanan ruangan
• Menyusun roster
• Menandatangani daftar hadir
• Memelihara register dan catatan
• Mengidentifikasi tdk dilaksanakannya aspek legal
• Memastikan kebersihan ruangan dan kamar mandi setiap hari
• Memastikan semua pasien dikunjungi terutama pasien perlu observasi
• Mengikuti operan dan ronde besar
• Memastikan input data billing terlaksana dgn benar

PENGAMAT
• Melaksanakan tugas kepala bidang keperawatan di luar hari kerja
• Memantau pelaksanaan pelayanan di RS
• Memantau kehadiran dan disiplin staf
• Memastikan pasien mendapat pelayanan yang sesuai
• Memastikan ketersediaan dan kesiapan fasilitas medisdan kep, alat dan gedung
• Mengkoordinasikan proses pelayanan
• Memfasilitasi kebutuhan proses pelayanan
• Mengatasi dan mengkoordinasikan permasalahan yang muncul
• Memastikan pendokumentasian

PERAWAT PRIMER
• Memimpin dan bertanggung jawab pada pelaksanaan asuhan dan yan kep serta pendokumentasian dan administrasi pada sekelompok pasien yang menjadi tanggung jawabnya
• Turut dalam visite
• Mengatasi permasalahan/ konflik pasien, penunggu dan petugas di areanya
• Mengkoordinasikan proses yan kepada ka ruangan
• Mengatur dan mematau semua proses asuhan kep di areanya
• Memastikan kelengkapan pendokumentasian dan administrasi dari ps-ps masuk sampai pulang
• Memastikan kenersihan ruangan dan kamar mandi di areanya
• Melaksanakan input data komputer untuk billing sistem sore/ malam

PERAWAT ASOSIET / ASISTEN
• Bertanggung jawab dan melaksanakan askep pada pasien yang menjadi tanggung jawabnya
• Melaksanakan dokumentasi keperawatan
• Mengikuti visite
• Merawat pasiennya dari mrs sampai pulang
• Memastikan kebersihan ruangan perawatan dan kamar mandi pasiennya
• Berkoordinasi dgn PP utk pelaksanaan askep
• Melaksanakan input data biling sore/ malam

INVENTARIS
• Mengusulkan kebutuhan alat/ fasilitas dan pemeliharaan gedung ke ka ru
• Memastikan ketersediaan sumber alat/ bahan di ruangan
• Bertanggung jawab pada pelaksanaan kebersihan dan keindahan ruangan dan kamar mandi di seluruh ruangan
• Mengatur penempatan alat/ bahan
• Membuat laporan logistik
• Melaksanakan proses pengadaan barang
• Bertanggung jawab atas ketersediaan/ kesiapan pakaian semua fasilitas/ bahan/ alat dan gedung di ruangan
• Koordinasi kepada ka ruangan untuk pemenuhannya dan pelaksanaan pemantauan kebersihan

PETUGAS ADMINISTRASI RUANGAN
• Melaksanaan administrasi ruangan dari ps masuk-pulang dan pelaksanaan prosesnya
• Melaksanakan input data billing semua pasien
• Membersihkan area counter dan fasilitasnya
• Mengirim berkas rekam medis ke CM

PETUGAS KEBERSIHAN
• Membersihkan ruangan dan kamar mandi
• membersihkan bed pasien
• Mengirim pakaian kotor dan mengambil pakaian bersih
• Mengosongkan tempat sampah
• Mencuci tempat sampah
• Mencuci waskom mandi
• Bertanggung jawab pada kebersihan spoelhok
• Membantu inventaris untuk amprah barang
• Membantu perawat mengantar bahan lab

PETUGAS GIZI
• Mengambil makanan ke dapur besar
• Menyiapkan piring/ plato bersih
• Menyajikan dan membagi makanan pasien
• Mengupulkan piring/ plato kotor dari kamar pasien
• Bertanggungjawab pada kebersihan alat makan dan kebersihan dapur
• Membersihkan kereta makan

SISTEM PENUGASAN PRIMER
• PP: PERAWAT PRIMER, bertanggung jawab merawat sekelompok pasien dari mrs sampai pulang. Dalam tugasnya dibantu olehP.A (perawat asosiet).
• Keuntungan: perkembangan pasien secara holistik dikuasai oleh P.P dan P.A nya.

JADWAL DINAS
• Sistem penugasan PP dengan 4 grup: pagi 1 grup, sore 1 grup, malam 1 grup dan libur 1 grup. Perawat / Bidan pengganti dipastekan pagi.
• Pagi: 07.00 – 13.00
• Sore: 13.00 – 19.00
• Malam: 19.00 – 07.00

Tidak ada komentar: